Manfaat Temulawak Untuk Lambung Yang Perlu Diketahui - Kusehat

Manfaat Temulawak Untuk Lambung Yang Perlu Diketahui

manfaat-temulawak-untuk-lambung

Untuk membuat ramuan tradisional, temulawak merupakan bahan yang sering digunakan. Temulawak biasa digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan jamu atau ramuan khusus, yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Namun tak hanya itu, tanaman ini juga memiliki banyak manfaat loh untuk lambung, dan bisa dikonsumsi jika ada masalah pada organ tersebut.

Manfaat Temulawak Untuk Lambung

Lambung menjadi suatu bagian organ penting dari sistem pencernaan, organ ini sering kali terpengaruh berbagai gangguan kesehatan.

di bawah ini, Kusehat telah merangkum beberapa manfaat temulawak untuk lambung yang perlu anda ketahui :

1. Untuk Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung (Meteorismus) ini biasanya tidak hanya terjadi pada anak-anak, tetapi juga pada orang dewasa. Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan perut menjadi kembung.

Perut kembung akibat gas berlebih, pasti akan membuat hari-hari anda cukup tidak nyaman. Maka dari itu, sebaiknya anda coba gunakan bahan alami temulawak untuk obat perut kembung agar tidak menghambat aktivitas sehari-hari.

2. Bantu Meredakan Tukak Lambung

Kerusakan pada mukosa lambung dapat menyebabkan tukak lambung setelah terjadinya peradangan. Penyebabnya sangat bermacam-macam, mulai dari penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) hingga infeksi Helicobacter pylori.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan, bahwa ekstrak temulawak dapat menyembuhkan atau membalikkan kondisi tukak lambung. Hal ini disebabkan karena efek samping dari penggunaan indometasin, yaitu golongan obat antiinflamasi nonsteroid.

3. Mencegah Kerusakan Pada Mukosa Lambung

Temulawak banyak sekali mempunyai khasiat dan manfaat, salah satunya yaitu dapat membantu mencegah kerusakan pada mukosa lambung. Mukosa ini memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh.

Ketika perlindungan mukosa rusak, sejumlah besar pepsin akan dilepaskan, hal ini lah yang menyebabkan keluarnya pendarahan pada dinding lambung. Temulawak mempunyai kandungan antioksidan yang bisa melindungi mukosa lambung dari kerusakan.

antioksidan yang ada dalam temulawak yaitu kurkumin, fenol, dan flavonoid. Maka tidak heran apabila bahan alami ini sangat populer di pasaran karena manfaatnya.

4. Membantu Meningkatkan Nafsu Makan

Anda pasti pernah mendengar tentang iklan temulawak, yang di mana tanaman ini dijadikan untuk penambah nafsu makan sikecil. Memang fakta dari iklan tersebut ada benarnya, namun tentu bukan berarti anda harus memberikan temulawak secara langsung pada sikecil.

Hal yang harus dilakukan yaitu, anda dapat memberikan temulawak dengan mengolahnya terlebih daluhu hingga sedemikian rupa, sehingga anak-anak menyukainya.

Ramuan tradisional ini dipercaya dapat membantu mengosongkan pencernaan secara alami, sehingga nafsu makan anda akan meningkat kembali setelah perut kosong.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Gangguan pencernaan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, dan menyebabkan ketidaknyamanan. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menangani situasi seperti ini agar hal tersebut tidak terjadi.

Anda dapat mencoba menggunakan bahan-bahan alami seperti temulawak untuk mengatasinya. Karena temulawak dipercaya dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan melancarkan kembali sistem pencernaan yang bermasalah.

6. Dapat Mengatasi maag

Penyakit maag merupakan masalah pencernaan yang paling sering terjadi di masyarakat, Ada banyak faktor yang biasanya menyebabkan hal ini terjadi salah satunya yaitu pola makan.

Dan itu juga bisa didasarkan pada kebiasaan makan yang sangat tidak teratur. Hal ini terjadi karena kadar asam dalam lambung meningkat, sehingga menyebabkan peradangan.

Gejala dari penyakit ini yaitu mual, sakit perut, kehilangan nafsu makan, kembung, dll. Anda bisa mencari berbagai resep menggunakan temulawak untuk mengobati mag, dan menyembuhkannya dari penyakit tersebut.

Itulah segudang manfaat temulawak untuk lambung. Jika anda menyukai jamu atau campuran temulawak, maka bisa di pastikan kondisi fisik anda akan kuat dan sehat.

Posting Komentar untuk "Manfaat Temulawak Untuk Lambung Yang Perlu Diketahui"